Follow Me

https://1.bp.blogspot.com/-7sKaocL8tP0/VxsMNxow7UI/AAAAAAAAADo/XJb2w6ahbco6fI2y4eF5oLfEZj7ieYnFgCLcB/s1600/ads_728.png

Bisnis Bahan Bangunan Pracetak Adalah Bisnis Masa Depan

Apartemen Tamansari Urbano

PropertiLaunch.com, Jakarta- Bisnis bahan bangunan pracetak (precast) adalah merupakan sistem modular yang diproduksi di pabrik dan terlihat adalah merupakan bisnis yang menjanjikan. Dengan bahan bangunan modular tersebut, pembangunan gedung tinggi dan proyek infrastruktur juga bisa lebih cepat serta efisien. Ke depannya bisnis pracetak ini juga akan terus berkembang seiring dengan banyaknya proyek bangunan tinggi serta infrastruktur yang dibangun.

Pengembang PT Wijaya Karya Tbk (Wika) melalui dua anak perusahaan PT Wika Gedung Tbk dan PT Wika Beton Tbk membentuk joint venture (JV) PT Wika Pracetak Gedung (WPG) untuk memproduksi. Sebelumnya Wika Beton telah memproduksi bahan material pracetak, sementara Wika Gedung yang membangun. Dengan membentuk WPG diharapkan pekerjaan konstruksi dan pengembangan proyek juga akan menjadi lebih terintegrasi.

WPG memproduksi precast modular di pabrik sehingga kualitas dapat lebih terjamin dan juga terkontrol. Saat sebuah gedung memasang pondasi, precast untuk slab, dinding, kolom sapai lantai telah mulai diproduksi di pabrik dan nanti bisa langsung dipasang saat pondasi bangunan telah selesai. Sistem ini bisa menghemat waktu sampai 40 persen dan tenaga kerja yang digunakan lebih sedikit.

Untuk produksi modular, sampai dengan saat ini, WPG baru menyediakan kubikal kamar mandi yang telah lengkap mulai dari plumbing, saniter, lantai, dinding dan bagian lainnya. Kamar mandi adalah merupakan ruangan yang paling kompleks di dalam sebuah bangunan. Dengan sistem prefabrikasi, kamar mandi bisa langsung dipasang sehingga proses pembangunan seluruh gedung akan lebih cepat.
Di negara Jepang, 70 persen bangunan tingginya telah menggunakan sistem pracetak. Begitu juga di China, Inggris, Amerika dan negara lainnya. WPG sedang mempersiapkan pabrik di Cikampek dari pabrik saat ini yang ada di Tambun.

Beberapa portofolio produk WPG yang sudah digunakan selain di Tamansari Urbano dan kantor pusat Wika Gedung adalah proyek mass rapid transit (MRT) Jakarta. Seluruh lantai stasiun MRT menggunakan beton pracetak WPG. Ada juga beberapa proyek kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pabrik, rumah sakit, apartemen dan lainnya. 
previous article
Newer Post
next article
Older Post



Post a Comment

no

Name

Email *

Message *