Hanson Internasional Bermitra Dengan Pengembang Lain Kembangkan Maja Raya

Tempat Stasiun Maja

PropertiLaunch.com, Jakarta-  Dalam rangka untuk bisa mengembangkan asetnya, terutama adalah untuk bisa mengembangkan lahannya di daerah Maja, Lebak, Banten, perusahaan Hanson International bermitra dengan Ciputra Group. Ciputra Group adalah merupakan salah satu perusahaan yang diajak bekerjasama untuk bisa mengembangkan kawasan Citra Maja Raya. Proyek perumahan dengan luas 2.000 ha tersebut telah dipasarkan sekitar satu tahun yang lalu.

Bukan hanya dengan Perusahaan Ciputra, Hanson juga bekerjasama dengan  Pelican Group untuk bisa mengembangkan lahannya di daerah Parung Panjang, Bogor. Lahan dengan luas 1.000 ha tersebut akan dikembangkan menjadi kota baru Millennium City. 

Selain dengan pengembang lokal, pengembang Hanson juga akan bekerjasama dengan tiga pengembang Malaysia yaitu adalah SP Setia Sdn Bhd, Sime Darby Berhard, I & P Group Sdn.Bhd. Kesepakatan yang telah terjalin adalah untuk mengembangkan proyek properti dengan luas 500 ha di daerah Maja dengan nilai Rp 11, 2 triliun.

Dalam rangka untuk bisa mengerjakan proyek tersebut, mereka akan membentuk perusahaan patungan. Dalam keterangan resmi yang dipublikasikan oleh perusahaan Sime Darby, nantinya pengembang Malaysia tersebut akan memegang saham 20 persen, 40 persen nantinya dikuasai oleh Hanson. 

Dengan adanya aliansi bisnis tersebut akan mempercepat terwujudnya kota baru Maja yang pembangunannya akan didorong pemerintahan untuk bisa mempercepat penyediaan rumah dengan harga murah. Pengembangan kawasan daerah Maja telah direncanakan sejak jaman orde baru dengan nama kota kekerabatan Maja. Pada saat itu proyek tersebut gagal untuk direalisasi karena kurangnya dukungan infrastruktur. Sekarang proyek tersebut telah dihidupkan lagi dengan nama kota Kekerabatan Maja. Hanson telah menjadi pilar keberhasilan pembangunan daerah Maja karena kepemilikan lahannya cukup luas.

Agar tidak mengulangi lagi kegagalan sebelumnya, pemerintah melalui kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan membangun proyek infrasktruktur jalan sepanjang 55 km dari daerah Tangerang Selatan – Parung Panjang – Maja. Selain itu area Maja – Jakarta akan juga dilayani kereta komuter dengan jalur rel ganda.

Kota baru Maja juga akan diperluas sampai Parung Panjang dari 10.000 ha menjadi 18.200 ha. Perluasan tersebut juga akan menjadikan Millenium Village yang dikembangkan oleh Hanson dengan Pelican Group akan menjadi bagian dari kota baru Maja.

Ada beberapa pengembang lain yang juga mempunyai lahan luas di Maja. Sebagian telah dipasarkan antara lain yaitu Majapolitan (PT Mandiri Nusa Graha dengan luas 546 ha) dan Permata Mutiara Maja (PT Bukit Nusa Indah Perkasa dengan luas 200 ha). Di luar area tersebut ada Perumnas, Intiland Development (dengan luas 1.000 ha) dan beberapa tempat lainnya.

Comments