Follow Me

Reviewed Kawasan Properti Superblok Prestisius Ada di Daerah Jakarta Timur by: Julian on
Rating: (4.5 out of 5)

Kawasan Properti Superblok Prestisius Ada di Daerah Jakarta Timur

Kawasan Sentra Timur Residence

PropertiLaunch.com, Jakarta- Dalam satu dekade terakhir, pertumbuhan kawasan properti di daerah Ibu Kota terpusat di daerah kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Kini dalam beberapa tahun terakhir, di kawasan Jakarta Timur telah tumbuh kawasan ekonomi baru. 

Harga lahan properti di kawasan daerah Jakarta Timur juga mengalami kenaikan lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan lain yang ada di Ibu Kota. Hal yang menyebabkan hal tersebut adalah karena pembangunan infrastruktur oleh pemerintah yang difokuskan pada bagian koridor timur Jakarta.

Dalam waktu tiga tahun terakhir, pertumbuhan harga tanah perumahan yang ada di daerah Jakarta Timur menempati urutan tertinggi yaitu sebesar 5,58% per tahun jika dibandingkan Jakarta Selatan sebesar 4,19%, Jakarta Pusat sebesar 4,19%, Jakarta Barat 4,15%, dan juga Jakarta Utara sebesar 2,85 %.

Hal tersebut juga yeng mendorong kawasan Sentra Timur menjadi salah satu primadona properti di Jakarta. Melihat dari perkembangan ekonomi Indnesia untuk sektor properti yang mengalami pertumbuhan.

Kali ini perumnas dan PT Bakrieland Development Tbk berkolaborasi dan juga bersinergi dalam pengembangan lahan dengan luas 40 ha di lokasi kawasan Sentra Timur, daerah Jakarta Timur. 

Salah satu yang dikembangkan yaitu adalah kawasan Sentra Timur Residence, sebuah apartemen menengah yang terintegrasi dan dikembangkan sejak tahun 2008. Lokasi kawasan ini dilengkapi dengan kawasan ruko (Commercial Park), serta CBD 1 dan 2 dan juga ada perumahan landed Mutiara Sanggraha-Mutiara Platinum dan juga pengembangan untuk kawasan Sentra Timur.

Proyek Sentra Timur Residence tersebut diyakini akan bisa menjawab kebutuhan akan kawasan hunian vertikal kelas menengah di daerah Jakarta Timur yang juga semakin meningkat.

Kawasan Sentra Timur Residence dibangun di atas lahan dengan luas dengan luas 8 Ha yang nanti kedepannya juga akan berdiri 15 menara tower. Dari 15 tower tersebt, sampai dengan saat ini Sentra Timur Residence telah membangun 2.357 unit apartemen dan kios dalam enam tower pertama yang terdiri dari Grey Tower (28 lantai), Yellow Tower (23 lantai), Green Tower (23 lantai), Orange Tower (23 lantai), Ruby Tower (28 lantai) dan Tosca Tower (23 lantai).

Tower Tosca adalah merupakan tower terakhir dari rangkaian pembangunan tower tahap pertama apartemen Sentra Timur Residence. Tower Tosca telah diserahterimakan tanggal 26 Mei 2016 yang lalu. Total 2.357 unit apartemen diserahterimakan tepat waktu.

Untuk tower sapphire mempunyai 607 unit apartemen yang terdiri dari 2.032 unit apartemen yang dikembangkan di tahap II dan kios dengan luas bangunan mencapai 26.388 meter persegi dan nantinya terdiri dari 28 lantai.

Ada 11 pilihan tipe kamar tower Sapphire yaitu adalah untuk tipe 18,19, 23 dan 25 untuk tipe studio, serta tipe 27 untuk 1 kamar, tipe 34,36,37, 52 ( dua kamar tidur), tipe 56 dan 62 (untuk tiga kamar tidur).

Sebagai tambahan informasi untuk unit yang existing (tower tahap 1) telah terjual yaitu sebesar 98% dari 2.357 unit dan telah dihuni oleh 1.908 KK (Kepala Keluarga).

Pertama kali dipasarkan, harga unit apartemen Sentra Timur Residence sekitar Rp 90 juta, kini kisaran harga jual apartemen Sentra Timur Residence meningkat sampai Rp 300 juta. Tidak bisa kita kesampingkan juga, banyak kaum urban yang berasal dari kota pendukung seperti Depok, Bogor, Tangerang, Cikarang, Bekasi dan juga Karawang yang mencari nafkah di Jakarta.

Pada hari kerja, mereka biasanya akan menetap sementara di kawasan hunian sewaan yang tersebar di Jakarta. Baru kemudian akan kembali lagi ke rumah asalnya di akhir pekan.

 Akhir-kahir ini juga muncul tren baru, masyarakat lebih memilih kawasan hunian vertikal di kota Jakata. Selain menjadi tempat tinggal sementara pengganti hunian sewa, mereka juga menjadikan investasi dengan cara disewakan sebagai tempat hunian.

Sebenarnya konsep hunian vertikal atau apartemen telah lama ada di kota Jakarta dengan proyek apartemen pertama Ratu Plaza yang beroperasi di tahun 1981. Konsep apartemen tersebut saat itu adalah untuk bisa mendekatkan kawasan hunian dengan lingkungan kerja seiring langkanya lahan untuk pembangunan kawasan hunian di tengah kota.

Sampai saat ini perkembangan apartemen di Jakarta juga cukup pesat, khususnya adalah di kawasan Jakarta Timur seperti di Cijantung, Buaran dan Cakung. Bahkan di kawasan Jakarta Timur bagian selatan juga ada beberapa proyek apartemen yang telah beroperasi dan telah dibangun.

Kawasan Sentra Timur mempunyai prospek yang cemerlang  setelah adanya fasilitas terminal modern termegah se Asia Tenggara. Hal tersebut juga tentunya menjadi pertimbangan masyarakat Jakarta untuk bisa memilih kawasan hunian sekaligus juga untuk bisa berinvestasi.

Lokasi kawasan Sentra Timur Residence juga strategis dan mempunyai prospek ke depan yang juga lebih baik seba ditunjang oleh perkembangan industri serta infrastruktur yang mengarah ke kawasan timur Jakarta. Salah satu infrastruktur tersebut adalah Cikarang Dry Port yang merupakan perpanjangan pintu gerbang pelabuhan Tanjung Priok.

Fasilitas tersebut menawarkan layanan satu atap untuk penanganan logistik internasional maupun domestik. Dengan adanya infrastruktur tersebut akan juga bisa membantu nantinya menciptakan lapangan pekerjaan di kawasan timur Jakarta.
previous article
Newer Post
next article
Older Post



Post a Comment

no

Name

Email *

Message *