Follow Me

Reviewed Akan Hadir Kawasan Digital Dengan Nilai Rp 7 Triliun di Kawasan Serpong by: Julian on
Rating: (4.5 out of 5)

Akan Hadir Kawasan Digital Dengan Nilai Rp 7 Triliun di Kawasan Serpong

Digital Hub BSD City

PropertiLaunch.com,Jakarta-Lokasi kawasan baru Digital Hub akan segera dimulai pembangunannya. Kawasan tersebut hampir mirip dengan Silicon Valley, Amerika Serikat. Menurut rencana pembangunan kawasan tersebut akan dilakukan di kawasan BSD City Serpong, Tangerang Selatan, Banten.  Kawasan Digital Hub (DH) tersebut yang dikembangkan sebagai kawasan integrated smart digital city tersebut akan menempati area dengan luas 25,8 ha. Untuk tahap pertama akan dipersiapkan investasi adalah sebesar Rp 7 triliun untuk pembangunan infrastruktur. Selain itu ada juga lima gedung perkantoran yang akan dimulai pembangunannya tahun ini dan ditargetkan akan selesai di tahun 2019 yang akan datang.

Kawasan Digital Hub dirancang menjadi lokasi tempat berkumpulnya startup company, perusahaan pemimpin teknologi dan juga institusi pendidikan di bdang IT (Teknologi Informasi) sampai para komunitas digital dan juga industri kreatif seperti games dan animasi. Pengembangan proyek ini diharapkan akan bisa mempercepat ekosistem berbasis IT (Information Technology) dan teknologi digital seperti yang ada di kawasan Silicon Valley.

Lokasi kawasan DH Dikembangkan menjadi empat tahap mencakup gedung perkantoran 12 lantai yang dibangun di 50 lov kavling dengan luas 3.000 m2 – 1 ha. Untuk tahapan pertama akan dibangun gedung perkantoran 25.000 m2 yang disewakan untuk digital printing, kamera dan juga usaha lain yang sejenis.

Untuk tarif sewanya adalah diperkirakan Rp 200.000/m2 untuk per bulan. Nantinya gedung yang dibangun tidak dijual melainkan disewakan jangka panjang agar tetap menjadi aset perusahaan. Oleh karena itu, pengembang SML (Sinarmas Land) melayani pembangunan gedung sesuai dengan pesanan calon penyewanya, selain menjual kavling. Pembangunan satu gedung perkantoran tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 500 miliar- Rp 1 triliun.

Untuk tahap II (2019-2021) nanti, pengembang SML akan fokus untuk bisa mengajak komunitas digital untuk bisa bergabung di Digital Hub. Untuk pengembangan dua tahap berikutnya masih akan dilihat lagi tren yang akan datang. Karena melihat tantangan pengembangan kawasan Digital Hub adalah terletak pada tren dan untuk bekerjasama dengan komunitas.

Kawasan Digital Hub akan dilengkapi dengan aplikasi mobile OneSmile. Aplikasi tersebut nantinya akan terintegrasi dan bisa diakses oleh seluruh warga BSD City. Aplikasi tersebut adalah berupa pemantauan CCTV, e-wallet, ada juga platform komunitas, program loyalitas, dan business performance solution. Nantinya manfaat dari aplikasi tersebut adalah bisa untuk pembayaran sewa tenant, iuran lingkungan, air, restoran dan juga pembelian tiket di lokasi tempat hiburan BSD Bebreapa perusahaan dan juga instituti IT yang telah bergabung yaitu Unilever, My Republic, Qlu, Sale Stock, Geeks Farm, Purwadhika Startup & Coding School, Plug and Play, Orami, EV Hive, Amikom. Perusahaan Apple juga akan membangun pusat inovasi aplikasi teknologi di area dengan luas 1500 m2.
previous article
Newer Post
next article
Older Post



Post a Comment

no

Name

Email *

Message *